Latest Entries »

Alat Yang Di Butuhkan Untuk Membuat Home Recording Sederhana

Pada Kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit Tips buat sobat-sobat semua yang mau membuat Home Recording Sederhana di rumah. Selain bisa menghemat biaya, ini juga bisa meningkatkan kreativitas kita Sebagai seniman Musik,Berkarya sendiri,Membuat instrumen sendiri,banyak Membuat nada Baru sendiri,asal Hidup jangan sendiri Hehehee Tanpa harus ribet-ribet pergi ke Studio rekaman yang jauh dan melelahkan.

Saya jelaskan Ya Siapa sih yang enggak suka Musik ? Yach Menurut saya ga semua sih Hampir seluruh manusia di belahan dunia ini pasti suka dan tau apa itu Musik.ada yang suka menyanyi, bermain alat Musik, atau bahkan ada juga yang tidak bisa lepas dari Dunia musik

Buat Kawan-kawan yang suka ngeband, pasti udah enggak asing lagi dengan kata Recording atau Tracking. Recording atau tracking ini adalah kegiatan mengabadikan suatu Karya,Musik atau lagu yang kita punya (Karya band atau karya kita sendiri) atau bahkan lagu milik orang lain yang kita cover dalam bentuk rekaman Audio. Biasanya Recording atau tracking ini dilakukan di Studio Musik atau Studio Rekaman karena memiliki peralatan cukup yang lengkap.

Kini dengan peralatan yang sederhana kita bisa memiliki Home Recording tanpa perlu ribet-ribet rekaman di tepat yang jauh,Terpaku waktu ship rekaman yang hanya di patok 5 jam perLagu,terkadang hasilnya juga Terburu-buru dan kurang memuaskan.Jadi jika kawan mau Record sebuah lagu di usahakan di matengin dulu yach biar mantap hasilnya dan ga bikin ribet Sound Engineer nya .

Yu simak baik-baik perlengkapan apa saja yang di butuhkan untuk Membuat Home Recording Sederhana:

1.KOMPUTER ATAU LAPTOP
Agar lebih enak dan nyaman dipakai untuk recording, Spesifikasi komputer yang sobat punya setidaknya berprosesor 2,4 GHz (core to dual) minimal dan memiliki RAM minimal 2 Giga. Bukan menjadi aturan baku sih, hanya saja software-software untuk rekaman yang sekarang ini rata-rata membutuhkan system requirements untuk running programnya minimal seperti pada spesifikasi komputer di atas. Kecuali kalo memang sobat mau menggunakan software yang lumayan jadul jika spesifikasi komputer yang sobat punya lebih rendah spesifikasinya dari spesifikasi yang sudah ditulis di atas.

2 .ALAT MUSIK 
Tentu hal ini yang lumayan pentingnya jika kita mau merecord lagu pasti sangat di butuhkan yang namanya alat musik seperti guitar dan bass ,kenapa hanya guitar dan bass bagi saya itu sudah cukup ,terus Drumnya sama piano nya dan alat musik yang lain bagai mana ? jawabannya gampang koq sekarang sudah banyak plugin-plugin atau vst dan vsti seperti drum MIDI ,piano MIDI bahkan Biola dan alat musik yang lumayan mahal banyak pluginnya Koq tinggal kita Download,instal dan kita pelajari.tentu mempelajari semua itu butuh bertahap,,Usaha Tidak Membohongi Hasil koq.,,

3.DIGITAL AUDIO WORKSTATION(DAW)
Digital Audio Workstation atau biasa disingkat “DAW” adalah software yang digunakan untuk rekaman. Software yang akan kita gunakan ini sebaiknya yang memiliki multitrack, yaitu Track rekaman yang jumlahnya bisa lebih dari satu.contoh Cubase,Nuendo,Protool dan lain-lain. Tapi ingat ya sobat, pilihlah DAW yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang sobat miliki di rumah, lebih bagus lagi kalo spesifikasi untuk system requirement DAW tersebut lebih rendah dari spesifikasi komputer yang kita punya. Gak perlu DAW yang terbaru juga enggak apa-apa.


4.SOUNDCARD
Soundcard yang akan kita gunakan ini bisa langsung menggunakan soundcard onboard (soundcard bawaan PC atau Laptop) ataupun soundcard professional yang kita beli di toko peralatan musik dan equipment studio. Apabila kita menggunakan soundcard onboard,kita wajib instal sofTware ASIOALL untuk mengatasi masalah legacy delay suara lewat SOFTWARE ASIOALL kita bisa mengatur legacy nya.mudah koq jika kita peraktekkan cukup sederhana bermodalkan kabel jak 3.5 mm kita sudah bisa merecord alat musik dan vocal.

5.SPEAKER MONITORING
Sebenernya ini cukup penting yach menggunakan speaker yang bagus itu mempengaruhi suara untuk mixing dan mastering sebuah lagu yang kita record.pengalaman saya dulu waktu belajar saya menggunakan speaker aktif yang harganya 300an ribu,kelemahannya cukup lumayan banyak juga,Maklum speaker Murah.tetapi jika untuk belajar tidak masalah untuk di coba lama kelaman kita akan mengerti prequensi suara,nanti jika ada uang lebih baru kita ganti dengan speaker monitoring khusus untuk recording.Ingat usaha tidak membohongi hasil koq.

6.VST ATAU VSTI PLUGIN 
VST (Virtual Studio Technology) Diartikan sebagai sebuah teknologi yang dituangkan ke dalam software. VST adalah sebuah duplikat dari hardware yang dibuat ke dalam versi virtualnya yang bekerja sama dengan DAW. Untuk VST sendiri, ada macam-macam jenisnya. Seperti synthesizer, drum, bass, gitar, samplers, effect, amplifier, dan lain sebagainya.solusi sudah banyak web-web yang menyediankan sofware VST gratis solusi tinggal download dan instal.

Ini lah Alat-Alat yang di butuhkan untuk membuat Home Recording sederhana,bagi kalian selamat mencoba dan mempersiapkan alat-alatnya .

TERIMA KASIH 
 
 





0 komentar:

Posting Komentar