Latest Entries »

SOUNDCARD UNTUK HOME RECORDING

soundcard
Menurut saya ada 3 macam jenis Souncard
1.Soundcard Ounboar (Bawaan pc)
gambar



2.SoundCard Offboard
gambar

3.Soundcard Eksternal
gambar
Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris "sound" berarti suara, dan "card" berarti kartu,jika diartikan seluruhnya soundcard artinya kartu suara. Dalam bahasa sehari-hari mungkin ini tidak akan berarti apa-apa, namun dalam bidang komputer dan audio, terutama masalah komponen dan hardware, fungsi sound card ini sangat penting. Berikut ini penjelasan pengertian, fungsi dan jenis sound card berdasarkan berbagai sumber referensi baik online maupun offline.

Pengertian Soundcard
adalah
Salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara.

Kali ini saya akan membahas soundcard eksternal yang biasa di pakai untuk track Home recording ,Biasanya para sound engineer yang mempunyai studio rekaman yang besar itu memakai soundcard-soundcard yang bermerk tentu harganya lumayanan mahal .berhubung kita hanya untuk Home recording atau sekedar hobi  memain kan guitar dan alat musik lainnya yang iseng ingin merecording karya-karya sendiri.Kita hanya cukup membutuhkan soundcard berquality  24-bit/48 kHz Audio,contoh seperti soundcard CI2+,Focusrite,Scarlett 2i2,M-Audio Fast Track USB,Alesis iO4 dan lain-lain.Tipe merk soundcard tersebut berkisar 1-2 jutaan.lumayan murahkan ? Untuk hobi Home recording menabung lah mulai sekarang bulan depan pasti kebeli :).

PENGALAMAN : Waktu saya pertama belajar itu saya hanya menggunakan soundcard outboar terus beranjak lagi ke offboard (murah tapi ga kepakai).pengalaman menggunakan soundcard tersebut kita akan mendapatkan noize yang cukup lumayan dari track guitar,noize vocal,sering skip track dll,jadi kita harus pandai-pandai mengatur software-software plugin vst yang kita gunakan.
Akhirnya selang beberapa bulan saya beralih ke sondcard external di sini saya pakai merk steinberg CI2+ yang waktu itu harganya sekitar 1,3 an.setelah memakai soundcard external tersebut akhirnya saya merasa nyaman,bisa memilih sound-sound sesuai keinginan tanpa harus skip,delay ,noize dll.ya selamat mencoba bagi yang ingin menggunakan soundcard external.kalian pasti akan tau perbedaanya.



TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar